Jika anda Yakin Bisa, Pasti bisa,, !!

Senin, 06 Maret 2017

Yogyakarta Hari ke-2.. Explore Gunung Kidul

Petualangan hari ke dua , kali ini saya di temani sahabat saya satu kelas waktu SD , beda kelas waktu smp. Dan beda sekolah waktu SMA,, haha lupakan,,, 

kami mengawali hari dengan bersarapan pagi di BURJO kuliner khas kuningan, kami pesan nasi sarden dan teh manis anget @Rp. 10.000,- . kali ini kami akan mengexplore keindahan pantai selatan gunung kidul Yogyakarta, jarak yang bisa tempuh  dari kota yoyakarta sekitar 3 s.d 4 jam menggunakan kendaraan motor roda dua dengan kecepatan rata 60-70 km/jam. Dan tak perlu jenuh karena di sepanjang perjalan kanan kiri di suguhkan dengan pemandangan yg menyejukan mata sehingga rasa lelah di perjalanan tidak terasa. Dan tak lupa mampir SPBU dulu isi penuh tangki bensinnya karena di sepanjang perjalanan minim SPBU.



Pantai kukup adalah pantai pertama yang kami datangi, patai ini memiliki hamparan pasir putih yang cukup luas dan beberara batu karang rkasasa yang berdiri kokoh dosekitar pantai, ada pula sebuah pulau karang kecil yang di hubungkan oleh jembatan yg cukup indah. Setelah di rasa cukup menikmati ke indahan pantai ini sebelum melanjutkan perjalanan kami mampir ke bbrapa kios yg menjual beraneka ragam kuliner khas bahari mulai dari udang lobster, ikan ikan kecil yang langsung di goreng di tempat, dan rasanya pun sangat gurih dan nikmat tahu bulat mah kalah,, haha, harga pun cukup murah dan terjangkau. Utuk memasuki kawasan wisata pantai kukup cukup bayar parkir 2rb. 


Perjalanan kami lanjutkan ke pantai kedua yaitu pantai sepanjang kenapa di sebut pantai sepanjang yah? Mungkin karaena ingat lirik lagu sepanjang jalan kenangan kali ya, entahlah. Pantai sepanjang ini hampir mirip juga dengan pantai sebelumnya pasirnya putih dan luas. Ditambah ada gazebo tempat istirahat dan makan. Masuk pantai ini cukup bayar parkir aja 2rb. 


Lanjut pantai berikutnya  pantai ke tiga yaitu pantai krakal hampir sama dengan pantai sempanjang yg membedakan adalah ada tulisan pantai krakal di dinding tebing pasir putih, kerennn. Seperti biasa hanya bayar parkir 2rb saja,, hehe 


Berikutnya lanjut ke pantai ke empat yaitu pantai Sundak. Dipantai ini takalah keren dengan pantai-pantai sebelumnya.. pantai ini banyak di temui payung payung dan tikar2 yg di sewakan para nelayan untuk sekedar bersantai berjemur piknik bareng keluarga dan sahabat, untuk memasuki kawasan ini seperti biasa anda cukup bayar 2rb saja untuk bayar parkir mootor.


Oke kita melipir-melipir lagi menuju pantai berikutan pantai ke lima yaitu pantai pok tunggal..  kalo dulu sih kaya ada pohon tunggal gitu kalo di photo dan pas saya datang kesini phonya udah di tebang, kata penduduk sekitar sih karena banyak ulet nya,, pantai ini begitu luar bisa menurut ane soalnya di sepanjang pesisir yg berpasir putih ini banyak sekali di temui payung2 berjejer rapi menabah keeksotisan pantai ini. Kek di luar negerihhh,,, hahah pasirnya yg luas bingit bisa juga buat main bola atau arena bermain volly pantai,,, tapi akses menuju pantai ini jalanan menurun dan lumayan rusak, mungkin untuk sekarang udah ada perbaikan,,,  dan lagi lagi 2rb saja bayar parkir,, di tambah pungli2 di jalanan bayar seikhlasnya aja,,, 


Lima pantai sudah kami lewati tibalah kami di pantai tujuan utama kami pantai ke enam yaitu pantai nglambor, pantai yang memiliki bbrapa pulau2 karang kecil ini menjadi tempat vaforitnya para traveller. Kenapa yahh ??? .. pantai ini merupakan lokasi pantai yang cocok buat aktifitaas snorkeling, ada bbrapa jenis tumbuhan terumbu karang dan bbrapa species ikan ikan laut yg hidup di pantai ini. Sebelum nyemplung k air alangkah baiknya kalo kita nyeruput kelapa muda dulu, kebayang dong lima pantai sudah kami telurusi satu-satu, kelapa mudanya 10rb aja perkepala. cukup dengan uang  50rb kami sewa peralatan snorkeling lengkap dgn guidenya plus photo dalam air bberapa kalo pose bersama ikan2 cantik. Kami di bagi bbrapa kelompok untuk selanjutanya di sebar di bbrapa titik, supaya tidak mengganggu yg lainya, durasinya pun hanya 30 menit saja, karena kalo seharian snorkeling dengan kuota orang yg segini banyak kasian juga ikan-ikanya kelelahan haha.


Setelah seru seruan main air bersama ikan2 keceh, kami melanjutkan perjalanan menuju pantai jogan pantai ke tujuh yang kami singgahi, tidak di sarankan utk berenang di pantai ini karena eh karena ombaknya yg cukup besar langsung menghantai tebing2 karang yang ada di pinggirnya, yang menjadi  icon di pantai ini adalah air terjun nya, air terjun ini langsung jatuh ke pesisir pantai jogan, kalian juga bisa rafling dari atas air terjun ini untuk menuju ke bawah , cukup membayar 35rb sudah termasuk perlatan lengkap, guide , dan photo untuk bbrepa pose dr atas dan dari bawah air terjun cukup menantang adrenalin dan menurut ane ini keren. Tapi ane kaga coba, abang udah lelah karena sebelunya sudah snorkeling,, next aja kalo ke gunung kidul lagi Insya Alloh ane coba.


Hari sudah semakin gelap seperti akan turun hujan, langsung packing dan bergegas untuk pulang agak melipir dulu karena di sepanjang jalan banyak warga yang menjual walang goreng (belalang goreng) beli dua pack aja buat di bawa ke rumah, di sela-sela perjalan kami mendapat kabar kalo jalan menuju kota jogja macet padat merayap di pas bukit bintangnya, kami pun gk fikir panjang langsung arahkan stir motor ke kiri melewati jalan pintas, sempat tersesat juga kami di perjalanan pulang kali ini karena ini baru pertama kalinya kami melawti jalan pintas ini, dana bertanya k bbrapa warga sekitar, turunan dan tanjakan curam kanan kiri hutan menambah suasana semakin mencekam di tambah minim nya penerangan,  gternyata hutan yg kami lewati itu nama daerahnya IMOGIRI,, itu kali yah yg dinamakan hutan imogiri,, hati pun berasa lega kitika lampu2 kota sudah mulai terlihat dan menjumpai bbrapa rumah warga, sempat berhhenti beristirahat di masjid pinggir jalan, karena kehausan dan aga sedikit lapar, ngemil belalang aja sama minum air putih yang tadi kmi beli dio pinggir jalan. Waktu menujjukan pukul 07.00 malam . 

sesampainya di  kota jogja sekitar pukul 08.00 mlam, saya merasakan ke anehan2 di sekujur tubuh , muka tangan dan punggung semua terasa gatal dan merah2 , ternyata eh ternyata saya alergi dengan yang namanya walang goreng. Niatnya sih mlm ini kami mau nonggrong2 sambil makan di sekitaran malioboro dan tugu. Baiklah berhubung kondisi tubuh sudah tak memungkinkan akhirnya kami kembali ke rumah istirahat. Langsung minum obat alergi yg di beli dr apotik bangun tidur alhamdulillah gatalnya berkurang bahkan sudah tidak kerasa gatal lagi. Tips nya jika gk biasa makan makanan ekstrim sebaiknya jangan berani moncoba makan banyak cukup nyobain dikit aja yah,, 


mohon maaf Jika uraian pantai2 yg di sebutkan diatas tadi tidak sesuai dengan fakta yg kalian lihat langsung di lokasi , karena ini berdasarkan apa yg saya lihat dan saya alami .
Share:

Kamis, 14 April 2016

Yogyakarta Hari Pertama.. Explore Candi ( Solo Backpacker )



Hari Pertama Di Yogyakarta
Perjalanan kali ini terlalu panjang untuk saya ceritakan karena ini pertama kalinya saya naik kereta jarak jauh (yogyakarta). Berangkat dari stasiun KA pasar senen pukul. 22.30 WIB. Menggunakan kereta progo ekonomi tiket Rp. 75.000,-. Walaupun ekonomi tapi di dalam kereta terasa aman dan nyaman toiletnya pun cukup bersih. Beruntung didalam kereta kursi sebelah kosong mungkin penumpangnya batal untuk berangkat jadi saya bisa bebas selonjoran dan tiduran. Stasiun demi stasiun terlewati hingga mata saya terpejam karena lelah. Seirimg Mentari menampakan sinarnya, saya pun Sampai di stasiun lempuyangan pukul. 06.30 WIB. Saya langsung di jemput sahabat saya di pintu barat stasiun. Ini kali pertama saya menginjakan kaki di tanah jawa. 
sunandoank.blogspot.com
Candi Borobudur

Cacing dalam perut sudah mulai teriak-teriak minta jatah sarapan, kami pun langsung jalan menggunakan kendaraan sepeda motor cari makan untuk sarapan, sampailah berhenti di warung soto entahlah apa namanya namanya (lupa). Setelah selesai sarapan saya mengantar sahabat saya ke kantor tempat ia bekerja yang tak jauh dari stasiun, setelah itu langsung lanjut jalan sendiri ke candi borobudur yang katanya jauh (supaya perjalanan lancar isi pertalite Rp. 20.000,- aja), Setelah satu setengah jam perjalanan berlalu di tambah sedikit nyasar, saya pun tiba di candi borobudur dengan bantuan GPS dan agak sedikit bingung ketika sinyal GPS hilang tapi alhamdulillah finally sampai juga akhirnya.
Sebelum menuju pintu masuk di dekat area parkir banyak sekali pedagang asongan yg menjual kacamata hitam (sunglsses) dan topi-topi bundar “kata pedagang nya sih di dalem panas banget udah gitu gak ada yang jualan”.
Borobudur kala itu cuaca sangat panas dan benar sekali apa yg di bilang pedagang tadi, ditambah saat itu weekend banyak sekali pengunjung yang datang dari berbagai daerah hingga wisatawan mancanegara turut berkunjung ke candi yang megah dan eksotis ini di tambah banyak siswa-siswi yang sedang study tour. Di khususkan bagi wisatawan yang memakai celana atau rok di atas lutut harus menggunakan kain batik atau sarung batik untuk menutupinya. Bagi yang meakai celana atau rok panjang bisa langsung masuk ke area candi dan jangan lupa juga bawa bekal air minum karena di dalam tidak ada yang menjual air minum. Tiket masuk wisata candi borobudur Rp. 30.000,-/orang. Sebelum menemukan pintu keluar area parkir kita mesti melewati pasar yang di dalamnya banyak sekali pedagang yang menjual beraneka ragam cindera mata atau oleh oleh khas borobudur dan jangan lupa di beli yah kawan.

Next setelah puas muter-muter dan naik ke atas puncak candi, perjalanan di lanjutkan ke candi Parambanan, motor pinjaman dan GPS menjadi teman sejati di perjalanan haha, belum terlalu jauh saya jalan hujan turun dengan deras, beruntung ada jas hujan di bagasi motor jadi aman, setelah beberapa kilometer jalan hujan mulai reda cuaca kembali cerah, berhubung saya pakai GPS dan sinyal terkadang menghilang batre HP pun mulai lowbate saya pun sempat nyasar dan akhirnya mampir di warung angkringan pinggir jalan, makan nasi rames dan tahu goreng dan teh manis hanya Rp. 6.500,- saja. Murah bingit kalo di jakarta mah dapet nasi nya doank mungkin. Sambil makan saya tanya ke mas mas yg sedang makan sebelah saya
Saya : "mas maaf mau tanya ... kalo candi prambanan dari sini masih jauh gk?" ( posisi sedang berada di deket SD Kalasan Baru )
Mas : "oh sudah dekat tinggal dua kilo meter lagi, lewatin dua lampu merah aja."
Saya : "alhamdulillah . makasih ya mas.."
Mas : "njehh sama-sama mas."
Akhirnya pun saya tiba di candi prambanan Jarak tempuh dari candi borobudur ke candi prambanan 2,5 jam di tambah nyasar dikit plus ada pengalihan jalur dikarenakan ada pawai budaya.
Tiket masuk area wisata candi prambanan Rp. 30.000,-/orang. Candi ini tak kalah megan dan eksotis dengan candi borobudur, dan kali ini saya tidak kepanasan karena hari sudah mulai teduh. di candi saya sempat bertemu dengan turis asal china dan sempat bertegur sapa, ngobrol sedikit dan minta photo bareng, ngobrolnya juga tidak seperti yang kalian bayangkan haha, saya hanya memakai bahasa isyarat, karena belum begitu menguasai bahasa asing, bahasa inggris aja yes no yes no aja, tapi semua itu bukan penghalang untuk kita bisa berinteraksi bersikap ramah terhadap orang lain dengan perbedaan basaha. Lanjut berkeliling candi dan mengabadikan moment dengan berphoto. Seperti biasa setelah pintu keluar menuju parkir area, pasar pun harus saya lewati, banyak sekali kios-kios yang menjual beraneka ragam oleh-oleh khas prambanan atau jogja dan harganya murmer banget. Jangan sampai tidak beli oleh-oleh ya karena itu dapat membantu perekonomian masyarakat lokal yang ada di sini.
sunandoank.blogspot.com
Candi Prambanan

Hari semakin gelap saat nya saya kembali menuju kantor tempat sahabat saya bekerja jemput ia pulang. Sebelum pulang ke rumahnya kami mampir ke warung makan pinggir jalan untuk makan malam, kami makan nasi Magelangan yaitu nasigoreng yang dicampur dengan mie goreng di masak jadi satu, sedikit aneh sih tapi rasanya cukup menggoyang lidah dan bikin perut kenyang. @Rp.15.000,-/porsi. Malam ini saya bermalam dan beristirahat di rumah sahabat saya. Karena esok hari kami berencana akan berkunjung ke beberapa pantai keren yang ada di kabupaten gunung kidul Yogyakarta.
Hari pertama yang cukup melelahkan memuaskan dan berkesan.
Untuk hari kedua saya share di next posting ,,, terimakasih.

Share Cost hari pertama di Yogyakarta



  • Sarapan Soto
 Rp    15.000,00

  • Bensin Pertalite
 Rp    20.000,00

  • Tiket Borobudur
 Rp    30.000,00

  • Makan Angkringan
 Rp      6.500,00 

  • Tiket Prambanan
 Rp    30.000,00

  • Makan Malam Magelangan
 Rp    15.000,00

  • Total Pengeluaran Hari Pertama

 Rp  116.500,00


Blm termasuk tiket kereta PSE-LPY @Rp. 75.000,-
Share:

Selasa, 09 Februari 2016

Liburan Imlek Ala Backpacker Taman Safari Indonesia Pake Angkutan Umum

Taman Safari Indonesia

taman safari indonesia
Denah Lokasi Taman Safari Indonesia

Berangkat dari kostan pkl 5.30 jalan kaki sampe pangkalan. Lanjut naik angkot sampe pasar citeureup Rp. 3.000,-, lanjut ngangkot lagi sampe gerbang tol citeureup Rp. 3.000,- lanjut angkot menuju ciawi. Pkl 6.22 angkot berangkat menuju ciawi via tol jagorawi sampai perempatan lampu merah ciawi pkl. 6.41 ongkos angkot Rp. 7.000,- di lanjut naik angkot warna biru jrusan cisarua, sampai di cisarua gapura bawah taman safari pkl. 7.35 dengan tarif ongkos Rp. 7.000,- turun dari situ saya jalan dulu karena mau cari tempat yang agak sepi untuk makan karena perut laper belum sarapan, saya bawa bekal dari rumah biar ngirit gitu hehe (tak lengkap piknik tanpa bawa bekal) ... Pkl. 8.00 lanjut ke gerbang loket taman safari naik omprengan  warna apa aja ber plat hitam dengan tarif omprengan Rp. 3.000,-. pkl 8.15 sudah sampai di depan gerbang nya . Taman Safari indonesia Ini terletak di Jalan Raya Puncak No. 601, Cibeureum, Cisarua, Jawa Barat. Saya masih harus nunggu sahabat SMA saya beserta istri dan anaknya yang baru berusia 14 bulan (sudah bisa jalan). Sambil nunggu, saya telponan sama doi biar tidak bete haha, ternyata pas saya lagi telpona itu mereka sudah sampai di dekat loket,  Setelah ketemu langsung masuk dengan membayar tiket Rp. 150.000,-/orang dengan berbagai fasilitas di dalamnya. Dan alhamdulillah saya di bayarin oleh mereka. Haha thaks bro..

Pertama kita bakal di ajak jalan-jalan keliling hutan di lereng gunung pangrango dengan berbagai macam satwa di dalamnya dan melintasi aliran air sungai yang sangat jernih dari curug jaksa, menggunakan bus wisata dari taman safari indonesia. Mulai dari hewan herbipora, karnipora, omnipora bahkan hewan kanibal pun ada di dalamnya dengan konsep seolah satwa-satwa yang ada disini berada di habitat aslinya. Kalau kita mengendarai mobil pribadi kita bisa sambil memberi makan satwa-satwa yang ada disini tapi hanya satwa yang pemakan tumbuh-tumbuhan saja yah, si raja Rimba mah jangan deh nanti yang ada malah kita yang di mangsa,, haha. Kami yang naik bis tidak bisa langsung memberi makan satwa karena bus ber AC kacanya tidak bisa dibuka .

Taman Safari Indonesia
Gajah tampak terlihat jelas dari kaca Bus Wisata


Setelah cukup puas mengelilingi hutan dan melihat aktifitas-aktifitas satwa di dalamnya. Bus berhenti di halte tepat di depan area wahana permainan dan berbagai atraksi pertunjukan aneka satwa. Rumah hantu 3D adalah Wahana pertama yang saya coba, berikutnya perahu muter (apalah namnya saya lupa haha), lanjut naik Histeria tower dengan konsep pertambangan yang sudah lama tidak berfungsi lagi, sebelum naik zet towernya pertama kita memasuki lorong-lorong pertambangan yang sangat gelap dan berhantu (cukup mengagetkan haha), barulah kita sampai di zet tower dengan ketinggian 55 Meter, Lanjut lagi naik mining coaster. Baru saja menikmati beberapa wahana permainan dengan derasnya hujan turun, namanya juga tahun baru imlek tidak hoki katanya kalau tidak hujan. Berteduh sambil makan siang di restoran, beruntung saya bawa payung dan jas hujan (jadi aman hehe).

Setelah hujan sudah mulai sedikit reda lanjut ke pertunjukan singa benggala yang cukup menakjubkan, lanjut lagi ke beberapa pertunjukan satwa dan beberapa wahana permainan lainya. sayang sekali masih banyak wahana dan pertunjukan lainya yang tidak sempat kami nikmati karena waktu terbatas juga hujan yang mengguyur kawasan wisata. Ada juga beberapa wahana lainya yang harus beli tiket lagi seperti kereta gantung, naik onta, naik gajah, kereta wisata, photo sama anak singa dan lain sebagainya. ada tiga tiket terusan warna hijau, merah dan hitam dengan berbagai macam wahana yang bisa kalian nikmati. tiket terusan warna hijau sudah termasuk tiket masuk. untuk info lebih lanjut silahkan cari di mbah google atau datang langsung ke lokasi. :-) 


salah satu wahana permainan di taman safari indonesia



Hujan rintik-rintik dan hari semakin sore kami pun pulang naik bus wisata sampai parkiran motor dan saya berpisah dengan mereka, karena mereka bawa motor, saya Pulang naik omprengan lagi,  pkl 17.00 saya tiba di parkir khusus omprengan dan ngetemnya lama banget, Pkl 18.00 omprengan baru jalan. Sampe di bawah gapura dekat jalan raya pkl 18.15, ongkos kali ini Rp. 5.000,- mungkin karena langsung sampe bawah,  karena tadi pas berangkat saya jalan kaki dulu. Lanjut lagi naik angkot menuju Ciawi dan lumayan kendaran dari atas puncak padat. Sampai di perempatan ciawi pkl 19.20 seperti biasa ongkos Rp. 7.000,-. Lanjut angkot jurusan cikeas via tol jagorawi berhenti di gerbang tol citeureup pkl 20.00 ongkos Rp. 7.000,-, lanjut order gojek sampai kostan Rp. 12.000,-. Dan finaly sampe kostan.

Total Ongkos kostan (citeureup) – taman safari indonesia (PP) Rp.  54.000,-
Tiket masuk                                                                     RP. 150.000,-

Total                                                                              Rp. 204.000,-

Saran sebelum bepergian lihat dulu perkiraan cuaca, supaya kita bisa siap-siap bawa perlengkapan saat cuaca berubah sewaktu-waktu.

Sekian dan terimakasih, semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang akan berlibur bersama sahabat dan juga keluarga.
Share:

Rabu, 03 Februari 2016

Pantai Karangtawulan Yang Lagi Hits Di Tasikmalaya

Pantai Karangtawulan Kab. Tasikmalaya

Pantai Karangtawulan Tasikmalaya

  
Hi guys.
Ada yang lagi hits di tasikmalaya . Pantai selatan tasikmalaya yang kini menjadi tujuan yang paling rekomended untuk para traveler ketika mau berkunjung ke kota kecil tasikmalaya. Nah dalam postingan kali ini saya akan sedikit bercerita tentang perjalan dan indahnya pemandangan pantai karangtawulan tasikmalaya.

Sebenernya pantai ini sudah lama sekali saya incar untuk saya kunjungi. Berhubung waktu libur yang mepet² akhirya baru kesampean akhir² ini.

Pagi itu saya berangkat dr rumah sekitar pkl 7.00 WIB. Rumah saya berada di jl. Kalapasewu RT. 04 RW. 03 Desa. Mangunreja Kec. Mangunreja Kab. Tasikmalaya. Lanjuuut... Untuk menuju lokasi di perlukan waktu sekitar 3 s.d 4 jam yaaaah tergantung laju kendaraan anda dan lamanya istirahat di perjalanan. Berhubung dari rumah saya tidak sarapan, di tengah perjalan saya pun berhenti untuk sekedar isi perut yang masih kosong. Bubur pun menjadi pilihan karena sajianya cepat dan tak perllu lama mengunyah haha.

Perut sudah mulai kenyang dan lanjutkan perjalanan, jalur yg menanjak menurun dan berkelok kelok membuat perjalanan ini memiliki sensasi tersendiri juga di suguhkan dengan pemandangan yg menyejukan mata di kanan kiri jalan. Jalanan yg sepi membuat perjalan lancar dan tanpa macet macetan hanya ada sedikit bagian-bagian jalan yang agak berlubang.

4 jam perjalan pun sudah saya lewati dan akhirnya sampai di lokasi tujuan, biaya yang di keluarkan pun sangat murah sekali, parkir motor Rp. 2.000,- dan tiket masuk kawasan pantai karangtawulan Rp. 3.500,- selebihnya bensin di tanggung masing-masing yaa . semua perjalan melelahkan ini terbayar sudah dengan keindahan dan ke eksotisan pantai ini, dari sekian penulusuran saya di pantai selatan tasikmalya pantai ini adalah pantai yang paling keren menurut saya.

Pantai Karangtawulan Tasikmalaya

Pantai karang tawulan merupakan pantai yang indah dengan hamparan aneka batu karang yg membentuk seperti pulau pulau mini penuh eksotika dengan deburan-deburan gelombang pantai yang cukup besar, jika di pantai pantai lain anda merasakan panas yg menyengat luar biasa, di sini udaranya cukup sejuk kaera di rimbuni pepohonan di sekitarnya, bisa berteduh dan sekedar piknik-piknik cantik dibawahnya. Pantai ini masih bisa dibilang sepi karena belum begitu banyak orang mengetahuinya, dan yg paling keren lagi pantai ini mirip Tanah Lot yang ada di Bali. Kata orang ini adalah tanah Lot nya jawa barat, jadi kalian gk perlu jauh2 pergi ke bali, hehe .

Pantai Karangtawulan Tasikmalaya

Keindahan alam yang sangat luar biasa, banyak sekali beberapa spot untuk berphoto di pantai ini. Selain itu ada bebrapa pedagang lotek (pecel) yang menjajakan daganganya di sekitar lokasi jadi yang gak sempet bawa bekal bisa beli lotek di situ, dan raskan sensasi makan lotek dengan pemandangan laut yang langsung menuju ke samudera hindia di jamin bakalan ketagihan,,

Makan Lotek Depan Samudera Hindia :-)

 salam buat BCB dari pantai karangtawulan


Mungkin hanya itu gambaran perjalanan saya kemarin ke pantai karangtawulan Kab. Tasikmalaya, selebihnya tidak bisa di gambarkan dan di ungkapkan dengan kata-kata...

Salam lestari,,  
Share:

Jumat, 12 Juni 2015

Body Rafting Green Canyon Pangandaran

Backpacker Indonesia..

Setiap perjalanan yang selalu mempunyai cerita dan pengalaman-pengalam yang tak terduga. Selalu memberikan warna baru yang sangat berkesan.


Body Rafting Green Canyon Pangandaran


Green Canyon atau warga lokal dulu menyebutnya dengan nama Cukang Taneuh yang dalam bahasa Indonesia berarti Jembatan Tanah, nama Green Canyon ini dulu di temukan atau di populerkan oleh orang Perancis yang datang ke Pangandaran pada tahun 1993, nama Green Canyon ini juga merupakan pelesetan dari Grand Canyon yang berada di Colorado Amerika Serikat. Terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran Jawa Barat - Indonesia.


keinginan saya untuk body rafting di green canyon pangandaran akhirnya bisa terlaksana, berawal dari sosmed (sosial media) ada yang posting open trip ke green canyon yang waktu perjalanan nya itu minim dan kebetulan berbarengan dengan hari libur kerja. Berangkat jum'at malam jam 19.00 WIB dari terminal kp. Rambutan Jakarta. Jumlah yang ikut 16 orang terdiri dari beberapa daerah. Saya kira hanya saya saja yang tidak kenal mereka. Ternyata kita kenal satu sama lain itu hanya waktu itu dan tidak pernah ketemu sebelumnya. Ada beberapa memang mereka berteman sudah lama. Setelah semua sudah lengkap berkumpul. Bis pun mulai berjalan berangkat pukul 20.45 WIB . Sampai di pangandaran pukul 06.00 WIB. Dari pangandaran kita di jemput guide dari skretariat guha bau body rafting green canyon. Dari pangandaran menuju green canyon memerlukan waktu 60 menit -+ 31 Km , home stay kita ambil di pantai batu karas yaaa sekitar -+ 3 km dari green canyon. Antar jemput menggunakan mobil kolbak. Sampai di homstay pukul 07.00 WIIB.


Setelah semuanya siap timing is nyeburrr. Karena waktu itu musim liburan jadi banyak sekali peserta dari kelomopok lain yang mau body rafting. Ada sekitar 480 orang peserta. Kita pun nyaris gak kebagian peralatan. Hanya memakai helm dan live jacket saja, Deker dll sudah habis sepatu pun banyak yg gak ke bagian. Di sarankan untuk memakai sandal gunung ( bawa sendiri dari rumah). Waktu menunjukan pukul 09.00 WIB, perjalanan dari skretariat menuju start point pengarungan masih lumayan jauh sekitar -+ 40 menit, di sediakan mobil bak untuk menuju start jalurnya pun cukup rusak. Dan muat untk 1 mobil saja. Ketika ada mobil dari lawan arah pun harus minggir cari jalan yang lebar. Sepanjang perjalanan kita di suguhkan dengan pemandangan yang cukup meringankan rasa lelah kita.



Green Canyon


Green Canyon


Green Canyon



Turun dari mobil kita pun masih harus jalan kaki mengikuti jalan setapak untuk menuju sungai. Sekitar 300 meter. Air waktu itu warnanya tidak terlalu hijau karena habis hujan. Tak mengapa kita tetap semangat bagaimana pun kondisinya. Start dari depan guha (goa) yang bernama guha bau. Skretariat kami mengambil nama guha bahu itu dari goa yang ada di pinggir sungai ini. Body rafting di mulai, Memulainya pun kita harus loncat dulu dari ketinggian sekitar 4 meter wiw amazing .. Bagi yang tidak berani loncat bisa kok nyebur langsung dari bawah. Hal yang perlu kita lakukan ketika berada di arus sungai yaitu harus tenang jangan panik. Ikuti arus sungai yang ada dengan arahan dari guide nya. Jeramnya yang tidak terlalu sulit, keindahan tebing tebing terukir indah, rimbunya pepohonan yang hijau menambah ketenangan dan kesejukan kita dalam air, rasa penat semuanya hilang ketika berada di sini, melupakan semua rutinitas hari hari di kota.


Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Pangandaran


Di tengan perjalanan kita beristirahat sejenak ada warung pinggir sungai yang menawarkan cemilan gorengan dan mie cup. Lumayan buat ganjel perut laper karena seharian body rafting. Untuk membawa bahan makanan menuju lokasi ini warga harus berjalan kaki dulu melewati hutan sepnjang 5 km dan masih harus menyebrangi sungai dengan menggunakan playing fox untuk mengirim barang tersebut ke sebrang sungai. sungguh luar biasa bukan.


pada acungkan tangan yang pengen makan pop mie


formasi lingkaran


Pengarungan pun dinlanjut. pesona keindahan pun semakin takjub. Dengan ciri khas dari green canyon ini yaitu hujan abadinya. Air tejun yang sekilas mirip hujan ini terus jatuh membasahi batuan-batuan cantik yang ada di pinggir sungai menambah ke eksotisan sungai ini, konon air ini katanya bisa langsung kita minum. Semakin jatuh cinta sama indonesia. Sampai di finish kita di jemput dengan perahu, karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk kita melanjutkan pengarungan dikarenakan sungainya sudah tidak berarus. Di antar dengan perahu sampai ke dermaga dua di lanjut ka dermaga satu sekretariat green canyon. Sampai di secretariat pukul 14.00 WIB langsung makan siang. Selain kita mendapatkan pengalaman yang luar biasa kita juga mendapatkan setrtifikat kenang-kenangan dari pihak pengelola. 


Green Canyon Pangandaran
Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Pangandaran

Body Rafting Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Pangandaran




Pulang ke homestay dan menikmati indahnya ombak di pantai batu karas di sore hari, tapi sayang kita tidak menemukan sunset disini, pantai yang cukup luas dan ombaknya sangat bagus untuk melakukan olahraga surfing, banyak turis asing yang sedang bermain surfing disini, batu karas adalah salah satu surga bagi para peselancar, area surfing nya pun cukup luas, hari sudah mulai gelap waktunya beristirahat di home stay. Pada waktu tertentu air laut di pantai ini suhu air nya bisa berubah menjadi hangat, yaitu pada sekitar Jam 3.00 pagi sampai menjelang subuh. Entah knapa warga pun tidak banyak yang mengetahui secara logisnya. 


Pantai Batu Karas Pangandaran
Pantai Batu Karas Pangandaran

Pantai Batu Karas Pangandaran

Sebenarnya masih banyak yang harus saya tulis disini mungkin cukup sampai sini saja.Pengalaman indah yang tak akan pernah terlupakan. Teman baru dan pengalaman baru menjadi hadiah dari sebuah perjalanan ini.

Mohon maaf bila ada yang kurang atau tidak sesuai dengan pengalaman kalian yang pernah berkunjung ke green canyon. Terimakasih

Sedikit informasi
Harga paket Body Rafting Green Canyon Pangandaran adalah : Rp. 1.000.000,-per 1 paket untuk 5 orang atau Rp. 200.000,- per orang lama perjalanan 4-5 jam.

fasilitas yang disediakan
  • Pelampung (Live Jacket)
  • Helemt
  • Deker (Pelindung kaki)
  • Sandal
  • Dry Bag (Tas Tahan Air)

Bila ada tambahan silahkan tambahkan di kolom komentar,,



By. Sunan Doank
Share:

Sabtu, 23 Mei 2015

CANOPY TRAIL CIBODAS

CANOPY TRAIL CIBODAS

Canopy Trail

Ada yang berbeda di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) di tengah hutan kita bisa menemukan jembatan gantung dengan lebar tidak kurang dari 50 cm tinggi nya 40 m dengan panjang lintasannya yaitu 130 m dengan penyangga tiang penyangganya menggunakan pohon rasa mala yang tumbuh disitu, kapasitas orang maksimal 5 orang atau kurang lebih 300kg kalo di ukur dengan berat di bangun pada tahun 2010. Tempat ini biasa di jadikan untuk tempat penelitian satwa yg ada di kawasan TNGGP (Taman Nasional Gunung Gede Pangrango). Yang banyak di teliti di canopy ini adalah burung burungnya, tetapi sayang warga Indonesia sendiri tidak banyak yg suka meneliti burung disini dan kebanyakan turis asing yg sering banyak meneliti satwa disini. Potensi burung yang ada di sini berjumlah kurang lebih 251 species atau 50% nya burung yang ada di pulau jawa, 18 species diantaranya merupakan pemangsa (raptor). Tak kalah dengan satwanya yg ada disini keanekaragaman tumbuhan nya pun banyak tumbuh di tempat ini dengan berbagai jenis tanaman dan pepohonan dengan berbagai manfaatnya.
salah satu tanaman yg bisa di makan ketika sedang berada di dalam hutan
nama ilmiahnya begonia

Canopy Trail



Perjalanan menuju tempat ini bisa di tempuh dari halaman parkir sekitar 2,5km kurang lebih dengan berjalan kaki kurang lebih 1 jam sampe dgn kondisi menanjak, pertama kita menemukan pos pertama yaitu tempat registrasi atau tempat pembelian tiket menuju kawasan/tempat yg akan dikunjungi seperti pendakian gunung gede, curug cibeureum, canopy trail dll,, untuk menuju canopy nya sendiri kita perlu guide yg bisa mengantar kita sampe sana, tiket nya cukup bayar 40rb per orang belum terasuk guide. Track yg di lalui tidak terlalu extreme cukup mengikuti jalur jalur yg sudah ada di situ. Di dalam satu tiket canopy ini sudah termasuk paket menuju curug ciwalen juga bisa langsung mengunjungi curug cibeureum. Curug ciwalen terletak di ujung jembatan tdk jauh dr situ kita sudah bisa menemukan curugnya,, untuk menuju curug cibeureum kita harus kembali lg ke pos pertama dan berjalan kaki lagi cukup jauh sekitar 1 – 1,5 jam perjalanan.
Kami tidak melanjutkan perjalanan menuju curug cibeureum dikarenakan ada kepentingan lain menunggu di rumah,, hmm sayang sekali,, lain waktu kita bisa mengunjunginya,,,


curug ciwalen

Info biaya
ü Tiket masuk kawasan 6rb
ü Parker motor 5rb
ü Tiket canopy 40rb
ü Guide 50rb ( peserta 4 orang )
tiketing


Informasi yg sayadapatkan drbrowsing internet
Canopy Trail hanya dibuka pada hari SABTU dan MINGGU, dengan sistim pelayanan terbagi menjadi 4 trip per hari yakni jam 09.00, 11.00, 13.00 dan jam 15.00 WIB. Setiap rombongan akan didampingi oleh petugas TNGGP sehingga informasi wisata kawasan, kenyamanan dan keamanan terjamin. Tiket perorangnya sebesar Rp. 31.000,- (dengan perincian tiket Canopy trail Rp. 25.000,-, tiket masuk Rp. 5.000,- dan asuransi Rp.1.000,- ).
Itu di posting pada tgl 31-10-2014..
Dan kenyataan di lapangan berbeda.

Canopy Trail

Canopy Trail


Sekian pengalaman trip to canopy trail dari saya, semoga bisa menjadi acuan untuk para backpackers berkunjung ke TNGGP..

Terimakasihh,,,
Share:

Total Tayangan Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

About

Tentang Saya

Foto saya

I was a man,,,, mad with adventure,,,, let our fellow adventure together,, 
MY LIFE, MY ADVENTURE

My Instagram

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support